Home / Uncategorized / Siklon Cempaka Melemah, Masyarakat Diminta Waspadai

Siklon Cempaka Melemah, Masyarakat Diminta Waspadai

Cuaca berlebihan karena siklon tropis Dahlia di sekitaran pulau Jawa sudah melemah. Tetapi, BMKG memperkirakan bibit siklon tropis juga akan alami penguatan di beberapa lokasi Sumatera dalam tiga hari ke depan.

” Dalam tiga hari ke depan, masih tetap ada potensi cuaca berlebihan, diantaranya hujan lebat sampai begitu lebat di Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Barat, Kep. Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, NTB, NTT, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua. Sesaat angin kencang lebih dari 20 knot di Sumatera Utara serta Aceh, ” tutur Kepala Pusat BMKG Dwikorita Karnawati dari launching yang di terima detikcom dari Kepala Sisi Humas BMKG Harry Tirto Djatmiko, Senin (4/12/2017).

Bibit siklon tropis ini diperkirakan juga akan mengakibatkan hujan di lokasi Aceh, Sumatera Utara serta Sumatera Barat. Keadaan ini sangat mungkin juga beresiko pada penambahan gelombang laut sampai 4 mtr., angin kencang serta hujan lebat dibarengi kilat.

BMKG memprediksi, puncak musim hujan juga akan berlangsung pada kurun saat Desember 2017 sampai Februari 2018. Hal tersebut mengakibatkan bebrapa lokasi yang rawan serta punya potensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperi banjir serta longsor supaya siaga.

” Sampai 12 Desember dari hasil prakiraan BMKG, kalau DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah sisi Utara alami monsoon break (curah hujan rendah atau bisa disebutkan ” hujannya istirahat “). Walau Jawa Tengah ke arah Jawa Timur sisi selatan, sampai Nusa Tenggara alami curah hujan sedang-tinggi. Diluar itu, Sumatera Sisi Utara termasuk juga Aceh serta Kalimantan juga alami curah hujan sedang-tinggi, ” tuturnya.

Keadaan sama akan berlangsung untuk satu minggu ke depan berlangsung potensi hujan lebat pada umumnya berlangsung di Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Barat, Kep. Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, NTB, NTT, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua.

About editor