Home / Berita Umum / Atap Rumah Warga di Tulungagung Beterbangan Tersapu Puting Beliung

Atap Rumah Warga di Tulungagung Beterbangan Tersapu Puting Beliung

Atap Rumah Warga di Tulungagung Beterbangan Tersapu Puting Beliung – Hujan lebat diikuti angin puting beliung menerjang empat desa di Kecamatan Ngunut, Tulungagung. Karena itu beberapa ratus pohon jatuh dan beberapa puluh rumah rusak. Seseorang pengendara motor luka gara-gara tertimpa pohon.

Angin puting beliung itu menerjang Desa Ngunut, Gilang, golongan serta Desa Sumberejowetan. Resikonya atap rumah penduduk banyak yg beterbangan ikut perputaran angin. Tidak cuman pohon-pohon mempunyai ukuran besar jatuh serta perihal rumah-rumah masyarakat.

Salah seseorang penduduk Agus Arimimbi, mengemukakan puting beliung itu berjalan lebih kurang 10 menit, kala itu di lebih kurang temnpat upayanya berlangsung hujan lebat, ketika yg berbarengan muncul perputaran angin dari arah timur serta langsung menyapu pohon pohon atau bangunan yg dilintasi.

” Cuacanya itu gelap, lantas ada sejenis kabut putih. Ini warung saya mengenai semua, ada yg tertimpa pohon juga. Di belakang warung itu ada kandang ayam potong yg berisi beberapa ribu tumbang. Amat banyak yg rusak di lebih kurang sini, ” kata Agus, Jumat (22/2/2019) .

Tumbangnya beberapa ratus pohon itu juga pernah tutup beberapa akses jalan antar desa atau antar kabupaten. Buat buka akses, petugas BPBD Tulungagung dibantu aparat TNI, Polisi serta penduduk bergotong royong mengenyahkan batang pohon yg melintang. Sampai Jumat petang proses pembersihan pohon jatuh tetap dilaksanakan oleh team paduan.

Camat Ngunut, Rahadi mengemukakan sekarang pemerintah tetap mengerjakan pendataan resiko rusaknya rumah mauipun layanan umum gara-gara petaka itu. Pihaknya belum juga dapat meyakinkan banyaknya bangunan yg rusak.

” Sekarang proses pendataan tetap berjalan, yang pasti bila desa sesaat ada empat yg terdampak, dan rumah yg rusak kami prediksi capai beberapa puluh. Yg kritis itu merupakan rumah-rumah yg tertimpa pohon, ” kata Rahadi.

Disamping itu Kapolsek Ngunut, Kompol Siti Nurinsana Natsir, mengemukakan petaka puting beliung itu tidaklah sampai menyebabkan korban jiwa. Tetapi pihaknya mengaku ada seseorang pengendara sepeda motor yg tertimpa pohon besar kala melintas di Desa Gilang.

” Korban selamat, tetapi alami luka-luka. Sekarang udah dibawa ke rumah sakit buat proses perlakuan medis, ” ujarnya.

About admin