Home / Berita Umum / 510 Narapidana Di Rutan Dan Lapas Belum Terdaftar Sebagai Pemilih Dalam Pemilu 2019

510 Narapidana Di Rutan Dan Lapas Belum Terdaftar Sebagai Pemilih Dalam Pemilu 2019

510 Narapidana Di Rutan Dan Lapas Belum Terdaftar Sebagai Pemilih Dalam Pemilu 2019 – Komisi Penentuan Umum (KPU) senantiasa mengupayakan hak menentukan buat tiap-tiap masyarakat negara Indonesia, gak kecuali terpidana atau terpidana. Data sesaat, pemilih di Instansi Pemasyarakatan serta Rumah Tahanan, banyak yg belumlah masuk jadi jadwal pemilih lantaran belumlah mengerjakan perekaman KTP-el.

“Kami mendapat kabar dari 510 lapas serta Rutan yg ada, perekaman KTP elektronik sebagian besar dikerjakan (baru) untuk terpidana lokal. Walaupun sebenarnya, sejumlah besar penghuninya itu tidak sekedar masyarakat ditempat (lokal),” kata Komisioner KPU RI Viryan Aziz di Kanto KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/2).

Viryan menuturkan, dari dari 510 Lapas/Rutan itu baru 93 orang terpidana yg sudah mengerjakan perekaman KTP-el. Berarti, sejumlah besar terpidana yg didapati bukan datang dari daerah mereka mendekam belumlah miliki dokumen kependudukan buat prasyarat menentukan.

“Ini membuat kami ada problem untuk mengerjakan pendataan. KPU mendata pemilih kan mesti dengan basic dokumen kependudukan,” jelas Viryan

Oleh karena itu, KPU senantiasa mencari jalan keluar dengan sinkronisasi berbarengan pihak berkenaan. Masalah ini menyusul pilihan, terpidana mendekam di luar lokasi berada menentukan dapat dimasukkan ke jadwal pemilh penambahan dengan prasyarat data masuk 1 bulan sebelum hari pungutan suara.

“Jadi Kami bakal bekerjasama dukcapil dengan pemerintah dengan Bawaslu mencari jalan keluar,” jelas Viryan.

About admin